Wisata Terbaik di Sumatera Barat

  • Post author:
  • Post category:Wisata

Provinsi Sumatera Barat merupakan salah satu provinsi dengan potensi yang besar pada bidang pariwisatanya. Jika Anda sedang berada dalam ekspedisi Jakarta Sumatera dan melewati beberaa kabupaten di Sumatera Barat, maka ada beberapa destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi sembari melalui daerah ini.

Berikut ini beberpa tempat wisata terbaik yang bisa Anda kunjungi selagi berada di Sumatera Barat.

ย Istano Basa Pagaruyung

Jika Anda menyukai wisata sejarah, maka Istano Basa Pagaruyung merupakan pilihan yang tepat bagi Anda. Kerajaan Pagaruyung yang dulu sempat Berjaya di Tanah Datar, Sumatera Barat ini sekarang tinggal kenangan dan berubah menjadi Istano Basa Pagaruyung. Namun bangunan yang ada di tempat ini bukanlah bangunan asli.

Kerajaan Pagaruyung terletak di Bukti Batu Patah. Bangunan kerajaan ini sudah tak bersisa akibat kebakaran. Namun ada beberapa barnag peninggalan yang masih bisa diselamatkan dan disimpan di tempat yang baru Bernama Istano Basa Pagaruyung. Di tempat baru inilah dibuat semirip mungkin dengan yang lama. Anda bisa belajar sejarah di tempat wisata ini.

Jam Gadang

Jika Sumatera Selatan terkenal dengan Jembaran Ampera yang ikonik, maka Sumatera Barat terkenal dengan Jam Gadangnya. Jika Anda berkunjung ke Bukittingi pada saat ekspedisi Jakarta Sumatera. maka sempatkan untuk berkunjung ke salah satu kabupaten di Sumatera Barat yaitu Bukttinggi. Jam Gadang masih berdiri dengan kokoh meskipun sudah berusia 90 tahun.

Temoat wisata ini terawatdengan baik dan bersih. Terdapat taman dengan pepojohan yang rindang sehingga Anda tidak akan kepanasan saat mengunjungi Jam Gadang. Dari sinilah Anda bisa belajar tentang sejarah bagaimana Jam Gadang dibangun dan apa tujuan dari dibangunnya tempat yang menjadi ikon dari Provinsi Sumatera Barat.

Lembah Harau

Jika Anda ingin berwisata alam, maka Lembah Harau adalah pilihan yang tepat bagi Anda. Lembah Harau adalah salah satu tempat wisata di Sumatera Barat yang digemari oleh wisatawan lokal dan internasional. Di sinilah Anda bisa menikmati alam yang sunyi dan damai disertai dengan belajari agama dan budaya Minangkabau yang masih kental di Lembah Harau.

Bagi Anda yang menyukai panjat tebing, Lembah Harau menawarkan olahraga ekstrem tersebut. Dengan tingginya yang mencapai 50 meter, Anda bisa merasakan adrenaline Anda mengalir di panjat tebing Lembah Harau. Wisata spiritual juga bisa Anda dapatkan di sini karena damainya Lembah Harau yang bisa membuat Anda merasa tenang, aman, dan nyaman.

Pulau Setan

Meskipun namanya seram, namun Pulau Setan tidak seseram namanya lho. Pulau ini justru akan memberikan Anda pemandangan alam yang indah. Dengan pantainya yang berpasir putih, perbukitan asri di sekitar pulau, dan birunya air laut membuat Anda akan terpukau dengan pesona Pulau Setan.

Jika Anda menyukai kegiatan berenang, maka Pulau Setan bisa menjadi tempat yang menyenangkan dan aman karena ombaknya yang kecil. Mengeliling pulau dengan sepeda juga bsia dilakukan karena pulau ini tidak terlalu luas. Banyak sekali spot foto yang bisa Anda kunjungi untuk membuiat kenangan indah di sana.

Danau Singkarak

Wisata air yang tidak kalah populernya di Sumatera Barat adalah Danau Singkarak. Danau ini sangat besar dan membentang di dua kabupaten yaitu Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Solok. Di sini Anda bisa melihat Ikan Bilih yang merupakan endemic dari Danau Singkarak. Selain itu pemandanhan yang biru dan hijau dari Danau Singkarak akan membuat Anda menjadi santai.