6 Jenis Vitamin untuk Kesehatan Tubuh yang Penting

  • Post author:
  • Post category:Kesehatan

Agar tidak mudah sakit serta kesehatannya tetap terjaga, tubuh memerlukan berbagai asupan nutrisi. Nutrisi tersebut salah satunya adalah vitamin. Vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh sendiri beragam macamnya. Berikut ini jenis-jenis vitamin untuk kesehatan tubuh yang perlu diketahui.

Vitamin-vitamin yang Diperlukan Tubuh

  1. Vitamin A

Salah satu vitamin yang dibutuhkan tubuh adalah vitamin A. Vitamin A sendiri berguna untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan sel pada tubuh. Selain itu, vitamin A ini juga mampu meningkatkan kesehatan kuku, gusi, kulit, kanker paru, hingga mencegah rabun senja. Vitamin ini bisa didapatkan dari ikan salmon, wortel, susu, hingga kuning telur.

  1. Vitamin B

Vitamin B terbagi menjadi beberapa vitamin tersendiri. Terdapat vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, dan B12. Vitamin B1 atau thiamin adalah vitamin yang mampu membantu tubuh untuk menjaga metabolisme, membantu fungsi saraf, hingga melancarkan sistem pencernaan. Vitamin B2 atau riboflavin berguna untuk menjaga metabolisme energi, kesehatan mata, hingga kesehatan kulit.

Vitamin B3 atau niacin i menjaga metabolisme energi pada tubuh manusia dan berguna untuk pertumbuhan. Tidak sebatas itu, vitamin B3 ini juga mampu menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Vitamin B5 atau asam pantotenat dibutuhkan untuk membantu metabolisme tubuh dan menjaga gula darah pada tubuh agar tetap stabil.

Vitamin B6 bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme, mensintesis darah merah, hingga menjaga fungsi saraf. Vitamin B7 atau biotin ini berguna untuk menjaga metabolisme tubuh. Vitamin B9 atau asam folat ini merupakan vitamin yang penting, terutama untuk ibu hamil. Vitamin ini bertugas untuk membuat RNA, DNA, dan sel darah merah dan mencegah bayi lahir cacat.

Selanjutnya, vitamin yang dibutuhkan tubuh adalah vitamin B12. Vitamin B12 ini memiliki berbagai macam manfaat yang berguna untuk menunjang kesehatan tubuh manusia. Vitamin ini berguna untuk membantu produksi sel darah merah, DNA, RNA, dan menjaga kesehatan darah.

  1. Vitamin C

Vitamin untuk kesehatan tubuh yang selanjutnya adalah vitamin C. Vitamin ini berguna untuk membangun imun yang kuat pada tubuh. Antioksidan pada vitamin C mampu memperkuat pembuluh darah, membantu menyembuhkan luka, menyerap zat besi, hingga mencegah adanya penyakit jantung. Vitamin ini bisa didapatkan dari jeruk, melon, hingga paprika.

  1. Vitamin D

Vitamin lain yang diperlukan oleh tubuh untuk menjaga kesehatannya adalah vitamin D. Vitamin ini berguna untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Selain itu, vitamin ini juga membantu tubuh untuk menyerap kalsium dengan maksimal. Vitamin D bisa didapatkan melalui paparan sinar matahari, susu, mentega, minyak hati ikan, hingga kuning telur.

  1. Vitamin E

Kemudian, vitamin selanjutnya yang dapat menunjang kesehatan tubuh manusia adalah vitamin E. Vitamin yang satu ini baik untuk melindungi asam lemah, menjaga sel darah merah dan otot manusia, hingga antioksidan yang berguna untuk menangkal radikal bebas pada tubuh. Vitamin E ini banyak terdapat di telur, margarin, kacang-kacangan, hingga mayones.

  1. Vitamin K

Vitamin keenam yang diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh adalah vitamin K. Vitamin K ini merupakan mikronutrien yang sangat penting. Hal ini dapat terjadi karena vitamin K ini merupakan vitamin yang bertugas untuk membantu proses pembekuan darah. Tanpa vitamin ini, saat tubuh terluka dan mengeluarkan darah, darah akan sulit membeku.

Demikian 6 jenis vitamin untuk kesehatan tubuh yang perlu diketahui, kamu bisa mendapatkannya dalam bentuk tablet ataupun minuman serbuk. Kebutuhan akan vitamin-vitamin yang telah disebutkan di atas ini perlu dipenuhi setiap harinya agar tubuh memperoleh banyak nutrisi sehingga tubuh menjadi sehat dan tidak mudah terserang penyakit.