Pemilihan Skincare Untuk Kulit Berminyak Yang Tepat

  • Post author:
  • Post category:Umum

Penampilan memanglah sebuah hal yang penting karena secara tak langsung akan menunjang rasa percaya diri. Dewasa ini, skincare menjadi sebuah hal yang sangat familiar. Perawatan kulit ini telah menjadi kebutuhan dasar pada manusia dan dilakukan oleh seluruh gender, dan juga oleh segala rentang usia. Hal ini tentunya dilakukan untuk mendapatkan kulit wajah dan juga kulit badan yang sehat dan tetap berfungsi secara normal.

Kulit sehat bukanlah kulit yang berwarna putih, mulus tanpa pori-pori, serta tanpa cela. Namun, kulit yang sehat ialah kulit yang dapat menjalankan fungsinya secara normal yaitu sebagai pelindung serta menyesuaikan dan mempertahankan suhu dalam tubuh. Kondisi kulit pada wajah manusia dipengaruhi oleh beberapa hal sehingga berbeda-beda. Ada orang dengan kondisi kulit normal, kering, sensitif, kombinasi, berjerawat, dan berminyak.

Kulit berminyak ini disebabkan oleh produksi sebum/minyak alami yang tinggi pada wajah. Sebum dalam jumlah cukup akan berfungsi untuk menjaga kelembaban pada kulit, akan tetapi jika produksinya mulai berlebih dan tak terkendali maka akan menimbulkan masalah baru. Pori-pori membesar, timbul jerawat dan komedo, kulit yang terlihat sangat berminyak dan mengilap adalah ciri khas dari pemilik kulit berminyak.

Situasi tersebut menuntut pemilik kulit berminyak untuk melakukan perawatan ekstra. Beberapa tahapan skincare yang dapat diaplikasikan untuk pemilik oily-skin yaitu:

  1. Facial Wash

Tahapan mencuci muka ini merupakan perawatan paling dasar dalam dunia skincare. Cucilah wajah dengan sabun muka yang berbusa lembut dan bertekstur seperti lotion dan mengandung AHA. Mencuci wajah hendaknya dilakukan 2x dalam sehari yaitu pada saat pagi setelah bangun tidur dan malam hari setelah beraktivitas.

  1. Exfoliating Toner

Toner dengan jenis satu ini memiliki fungsi sebagai eksfoliasi dan sangat cocok digunakan untuk kulit berminyak. Aplikasi rutin toner non-alcohol dan mengandung BHA selama 1-2x dalam seminggu akan membantu mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang menyumbat di pori-pori.

  1. Serum

Serum merupakan skincare tambahan yang dapat digunakan untuk kulit berminyak. Pilihlah serum dengan kandungan benzil peroksida untuk mengurangi kemerahan dan minyak berlebih pada kulit muka.

  1. Moisturizer

Pelembab tetap diperlukan pada kulit berminyak untuk mencegah kulit kering. Meskipun melembabkan, produk pelembab tidak akan menyumbat pori-pori dan menambah beban pada wajah. Sebaiknya gunakan pelembab berbahan dasar gel, non-fragrance, bebas minyak serta non-comedogenic yang mengandung AHA.

  1. Sunscreen

Sunscreen merupakan perawatan penting sebelum menjalani aktivitas sehari-hari baik di dalam maupun luar ruangan. Selain melindungi dari paparan sinar UVA dan UVB, produk ini pun bisa membantu memudarkan bekas jerawat. Pilihlah sunscreen dengan bentuk lotion untuk kulit berjerawat dan minimal mengandung SPF 30.

  1. Masker Wajah

Masker alami seperti putih telur dan lemon dapat digunakan untuk mengatasi minyak berlebih. Selain itu, masker buatan seperti clay mask dan mud mask pun dapat digunakan. Pori-pori pun akan lebih bersih dengan penggunaan rutin 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

  1. Kertas Minyak

Blotting paper atau kertas minyak berfungsi untuk mengurangi minyak yang ada di wajah dan digunakan dengan cara ditempelkan pada kulit apabila dirasa wajah terlalu mengilap.

Untuk mendapatkan skincare maka anda bisa membuatnya ย di maklon kosmetik BPOM yang bergerak dalam bidang pembuatan kosmetik berkualitas. Anda bisa membuat produk kosmetik anda sendiri melalui perusahaan.

Demikian penjelasan singkat mengenai skincare khusus serta cara merawat kulit yang berminyak. Pastikan melakukan riset mendalam mengenai kandungan skincare yang tepat untuk kulit berminyak agar tidak menimbulkan kerugian di masa mendatang. Hindari produk dengan kandungan alcohol, paraben, silikon, dan minyak mineral. Tak lupa tetap lakukan tahapan skincare dengan benar agar produk berfungsi optimal di kulit, ya!