Perbedaan Web Hosting dan Cloud Hosting

  • Post author:
  • Post category:Teknologi

Web hosting dan cloud hosting? Hmm, agaknya banyak orang yang sudah pernah mendengarnya, ya! Namun, siapa sangka ternyata kedua Hosting Murah ini adalah hal yang berbeda. Yups! Dikira sama, ternyata termasuk dua hal yang berbeda.

Nah! Untuk mengetahuinya, apa lagi yang bisa dilakukan selain mencari tahu apa perbedaanya. Bagi kamu yang ingin tahu lebih lanjut mengenai web hosting atau cloud hosting, artikel berikuti= ini wajib abnget diketahui.

Perbedaan Cloud Hosting dan Web Hosting

Apa itu Cloud Hosting?

Sebelum membahas ke topik yang mendalam, saatnya kamu tahu apa itu pengertian keduanya. Kalau cloud hosting bisa dikatakan adalah inovasi layanan hosting yang memungkinkan penggunanya menyimpan data di sebuah cloud.

Bisa juga dikatakan jika kamu memakai cloud hosting, maka data yang kamu gunakan jelasnya akan disimpan pada sebuah server virtual di dalam internet. Tenang saja, layanan seperti  ini tidak memakai ruang penyimpanan fisik atau hardware, kok.

Namun, perlu diwaspadai kalau Arsitektur cloud hosting lebih aman saat terjadi masalah pada server. Server lain yang masih normal akan menggantikan tugas server yang sedang bermasalah sehingga tidak ada website yang akan terdampak dari permasalahan server yang sedang terjadi.

Sudah tahu pengertian cloud hosting, lalu apa yang dimaksud dengan web hosting? Web hosting merupakan layanan hosting yang paling sering dipakai oleh para pengguna yang masih awam. Web hosting itu bukan sesuatu yang baru, lho!

Web hosting termasuk layanan yang sudah ada sejak lama dan sudah digunakan banyak orang. So pasti apabila kamu memakai layanan ini, maka data yang ada pada website kamu nantinya akan disimpan dalam 1 server pada sebuah hardware.

Perbedaan Cloud Hosting dan Web Hosting

Dalam konteksnya, yang sering menjadi pertanyaan sebagian besar orang adalah perbedaan cloud hosting dan web hosting. Di sini kamu harus tahu kalau keduanya bukanlah hal yang sama meski hanya berbeda 1 kata. So, apa saja perbedaan dari keduanya?

  1.     Harga

Jika melirik dari segi biaya, kamu akan tahu kalau penggunaan cloud hosting tentunya cukup mengeluarkan dana sesuai dengan layanan yang didapat. Hanya saja di sini kamu tidak perlu lagi mengeluarkan dana tambahan untuk server yang mungkin tidak sedang gunakan.

Kalau kamu ingin tahu secara spesifik, pembiayaan cloud hosting serupa dengan membayar tagihan listrik atau biaya berlangganan operator seluler, lho! Mengetahui perbedaan ini, lantas bagaimana dengan web hosting?

Sejatinya ketika kamu menggunakan layanan web hosting tradisional, maka kamu harus membayar server yang digunakan dengan hardware. Kamu sudah mulai memutuskan untuk membeli web hosting tradisional tipe dedicated.

  1.     Performa

Selain dari segi harga, performa juga menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Kalau menilik dari cloud hosting, sebenarnya ia tidak mempunyai ruang penyimpanan fisik. Yups! Namanya juga cloud hosting. Jelasnya ia memang memanfaatkan system virtual.

Berbeda dengan web hosting, justru ia menyediakan server yang digunakan oleh beberapa user sekaligus. Akibatnya kapasitas ruang penyimpanan serta bandwidth yang tersedia pun juga akan terbatas. Wajar saja kalau web suka butuh waktu lama untuk loading.

  1.     Kontrol Data

Kalau melihat dari segi control datanya cloud hosting, selama kamu menyewa space tertentu dalam cloud server, maka ruang tersebut berada dalam kontrol kamu sepenuhnya. Namun, bisa berdampak risiko performa web melambat karena bandwidth yang dibagi dengan user lain.

Kalau web hosting patinya kamu harus berbagi dengan user lain sehingga tidak ada kendali yang utuh terhadap server yang telah dibeli. Nah! Mungkin karena proses berbagi inilah yang juga akan mempengaruhi kinerja dari sebuah web kamu nantinya.