Teknologi Panel Surya, Cara Kerja, dan Manfaat Energi yang Dihasilkan

Teknologi panel surya kini menjadi buah bibir masyarakat, terutama bagi warga elit yang tinggal di perubahan ataupun dunia perkantoran. Hal tersebut bukan tanpa alasan, sebab selain lebih menghemat energi, alat ini juga bisa menjadi solusi cerdas dalam menghadapi energi fossil yang kian berkurang. Lebih lengkapnya berikut pengertian, cara kerja, dan juga manfaat dari solar panel untuk anda.

Mengenal Lebih Dekat Pengertian Teknologi Solar Panel

Teknologi solar panel adalah salah satu alat yang berguna untuk pembangkit listrik yang bersifat mandiri atau tidak termasuk dalam konvensional. Dengan menggunakan alat ini, maka bisa mengubah cahaya matahari menjadi listrik. Dimana teknologi fotovoltaik dapat digunakan untuk mengkonversi radiasi sinar matahari menjadi listrik.

Nanti energi listrik yang didapatkan oleh panel surya ini, bakal disimpan dalam sebuah baterai sesuai dengan kapasitas yang diinginkan. Energi yang tersimpan pada baterai ini nanti akan dialirkan pada berbagai perangkat elektronik yang membutuhkan arus listrik, seperti TV, handphone, Ac, kipas angin dan masih banyak yang lainnya.

Cara Kerja Teknologi Solar Panel

Cara kerja panel surya bisa dikatakan cukup rumit, dimulai dari cahaya yang masuk pada sel fotovoltaik. Atau sederhananya sel fotovoltaik ini menyerupai bentuk sandwich yang terdiri berlapis-lapis dari silikon yang bisa dipakai untuk mikroelektronika. Agar bisa berfungsi, maka sel ini perlu untuk membentuk medan listrik yang terdiri dari rangkaian kutub yang berlawanan.

Supaya hasil lebih terlihat maksimal, maka para ahli akan meletakkan fosfor pada lapisan atas silikon tujuannya untuk menambahkan elektron. Kemudian untuk cara kerja panel surya bagian bawahnya akan ditambahkan tebaran boron yang bakal menghasilkan elektron. Saat foton sinar matahari ini mulai menjatuhkan elektron, maka medan listrik akan mendorong elektron ke silikon.

Langkah selanjutnya supaya surya cell mengubah energiĀ  yaitu dengan melihat komponen yang ada didalamnya. Dimana ia akan mengubah elektron menjadi daya yang dapat dimanfaatkan. Berbagai plat konduktor logam di bagian sisi sel akan mengumpulkan elektron serta mentransfernya ke bagian kabel. Lalu dibagian lain, elektron akan mengalir seperti halnya sumber arus listrik.

Manfaat Energi yang Dihasilkan

Sudah menjadi rahasia umum jika biaya pembayaran listrik akan memiliki kecenderungan meningkat sesuai kebutuhan sehari-hari. Apalagi sekarang ini banyak sekali peralatan rumah tangga yang memakai listrik. Maka dari itu, dengan memasang teknologi panel yang sudah dipasarkan, maka anda akan mendapatkan pengurangan dan lebih hemat energi listrik setiap bulannya.

Manfaat lain bisa anda lihat dari dampak di lingkungan sekitar. Dimana teknologi solar panel ini masuk dalam energi yang bersih serta ramah lingkungan. Berbeda dengan sumber konvensional cenderung kotor. Dengan memasang alat canggih ini maka secara tidak langsung anda sudah berkontribusi untuk menjaga bumi agar tetap layak dan bersih guna dihuni bagi generasi yang akan datang.

Asal anda tahu manfaat terakhir jika anda memakai teknologi panel surya ialah bisa menciptakan perkembangan ilmu pengetahuan yang akan terus berkembang. Dengan adanya inovasi dalam dunia fisika, maka sangat berpotensi mampu meningkatkan efektifitas teknologi dari energi listrik. Bahkan nilai efektivitas nya bisa mencapai tiga kali lipat. Keren bukan?

Diatas tadi penjelasn singkat mengenai teknologi solar cell, cara kerja dan juga manfaaat dari energi yang di hasilkan. Dengan mengetahui informasi diatas, maka bisa menjadi salah satu pertimbangan kuat untuk menggunakan teknologi solar cell. Namun sebelum memasang, ada baiknya untuk memperhatikan seberapa besar daya yang dibutuhkan untuk hunian, toko, atau kantor anda. Selain itu juga anda harus memperhatikan harga solar panel yang akan dipasang.

Related Posts