Prospek kerja administrasi publik dan gajinya

Kamu tertarik untuk melanjutkan kuliah di jurusan adminstrasi publik, tetapi kamu harus mengetahui terlebih dahulu tentang Prospek kerja administrasi publik dan gajinya. Sehingga nanitnya kamu bisa mengetahui setelah lulus kuliah di jurusan administrasi publik bisa bekerja dan berkarir menjadi apa.

1. Aparat Pemerintah

Ketika kamu melanjutkan kuliah di jurusan administrasi publik maka kamu bisa bekerja sebagai aparat pemerintah. Tugas dari aparat pemerintah adalah menetapkan kebijakan dan memberikan solusi permasalahan di masyarakat. Untuk gaji dari aparat pemerintah lulusa administrasi publik sekitar Rp 4 juta sampai Rp 10 juta per bulan.

2. Jurnalis

Selain itu, lulusan administrasi publik juga bisa bekerja sebagai jurnalis. Tugas dari jurnalis adalah membuat berita tentang pemerintah dan politik terkini. Untuk pekerjaan jurnalis dari lulusan administrasi publik bisa mendapatkan gaji sekitar Rp 3 juta sampai Rp 5 juta per bulan.

3. Dosen

Ketika lulus S1 jurusan administrasi publik dan melanjutkan studi S2, kamu bisa memiliki prospek kerja menjadi dosen atau pengajar. Jadi kamu bisa mengajar peserta didik jurusan administrasi publik S1. Untuk gaji dari dosen bisa mencapai Rp 4 juta sampai Rp 6 juta per bulan.

4. Pegawai BUMN

Setelah lulus administrasi publik, kamu juga bisa mendapatkan kesempatan untuk bekerja sebagai pegawai BUMN. Untuk gaji dari pegawai BUMN adalah sekitar Rp 4 juta sampai Rp 6 juta per bulan.

5. Aktifis LSM

Prospek kerja administrasi publik lainnya adalah menjdi aktifis LSM. Tugas aktifi s LSM adalah mengawasi program yang dijalankan oleh organiasi nirlaba dan lembaga pemerintah. Untuk pekerjaan aktifis LSM bisa mendapatkan gaji sekitar Rp 3 juta sampai Rp 15 juta per bulan.

Related Posts