5 Ide Bisnis di Bidang Pertanian Modal Kecil

Bisnis pertanian saat ini banyak diganderungi masyarakat. Sebab,memulai bisnis dalam bidang pertanian ini tidak membutuhkan banyak modal namun income yang cukup tinggi. Selain itu bisnis pertanian juga tidak perlu mencari lahan yang luas hingga berhektar-hektar. Seiring dengan perkembangan teknologi, Anda dapat menjalankan bisnis pertanian dengan lahan yang sempit.

Lantas bisnis pertanian seperti apa yang memiliki peluang untung yang cukup besar? Bagi Anda yang ingin memulai bisnis pertanian namun masih bingung bisnis pertanian apa yang ingin dijalani, berikut ini beberapa ide bisnis di bidang pertanian yang dapat investordaily berikan kepada  Anda:

  • Budidaya Tanaman Hias

Bisnis tanaman hias saat ini dapat menjadi ide peluang bisnis pertanian yang menguntungkan.Hal ini dikarenakan, minat masyarakat terhadap tanaman hias ini tak pernah lekang oleh zaman.Terutama saat ini, bercocok tanam tanaman hias di pekarangan rumah menjadi tren di masyarakat.Selain itu, tanaman hias juga dibutuhkan di berbagai acara, seperi pernikahan, wisuda, dan lainnya.

Umumnya, tanaman hias ini dibanderol dengan harga yang cukup tinggi. Namun, Anda tenang saja, sebab bagi para pecinta tanaman hias, berapapun harga tanaman hias yang ditawarkan tidak menjadi masalah yang berarti. Anda hanya harus selalu melakukan survey tentang jenis tanaman hias apa saja yang sedang booming.

  • BudidayaTanaman Hidroponik

Jika Anda tidak memiliki lahan yang luas, Anda bisa memulai untuk mencoba bisnis bercocok tanam hidroponik, misalnya sayuran hidroponik.Dengan metode bercocok tanam hidroponik ini Anda tidak memerlukan media tanam dari tanah.Selain itu, sayuran hidroponik juga bebas daru bahan-bahan kimia berbahaya.sehingga bisa menjadi bahan makanan masyarakat modern.

Sebab, jenis sayuran yang dibudidayakan tanpa bahan kimia ini dinilai lebih sehat dibandingkan sayuran konvesional. Hal ini tentunya dapat menjadi peluan Anda dengan melihat gaya hidup warga perkotaan yang mulai beralih ke gaya hidup yang sehat. Harga jual sayuran hidroponik juga jauh lebih tinggi.Sehingga peluang mendapatkan income yang tingi pun lebih besar.

  • Bibit Tanaman

Bisnis jual bibit tanaman juga dinilai sangat menguntungkan. Banyak jenis bibit tanaman yang bisa

Anda budidayakan.Mulai dari sayuran, tanaman buah, hingga tanaman yang bisa dimanfaatkan kayunya.Maka dari itu, bagi Anda para pemula yang belum berpengalaman dalam dunia bibit tanaman, sebaiknya cobalah untuk menimba ilmu tentang budidaya bibit tanaman kepada ahlinya.

Meskipun harga jual bibit tanaman ini tidak terlalu mahal, namun Anda bisa membudidayakannya dalam jumlah besar. Maka keuntungan yang akan diraih pun semakin melimpah. Asalkan Anda tekun, bersungguh-sungguh dan telaten dalam menjalani bisnis bibit tanaman ini.

  • Budidaya Rempah

Ide bisnis yang selanjutnya yaitu bisnis rempah. Rempah-rempah menjadi sebuah kebutuhan pokok bagi sebagian besar masyarakat. Hal ini dikarenakan, rempah memiliki banyak manfaat. Mulai dari menyembuhkan berbagai penyakit hingga menambah cita rasa setiap masakan. Selain itu, bisnis budidaya rempah juga bisa menjadi peluang yang menjanjikan.

Pasalnya, selain dapat dijual di dalam negeri, Anda juga bisa menjualnya di luar negeri.Sebab, permintaan ekspok dari negara-negara tetangga terhadap beberapa jenis rempah tanah air cukup besar.

  • Budidaya Tanaman Rumput Laut

Kali ini investordaily akan memberikan ide bisnis di bidang pertanian yang cocok bagi Anda yang tinggal di lingkungan pantai. Ide bisnis tersebut adalah budidaya rumput laut. Saat ini olahan rumput laut banyak diminati sebagian masayarakat. Mulai dari agar-agar, keripik, nori, dan lain-lain.Selain itu, rumput laut juga menjadi salah satu bahan kosmetik yang dicari.

Related Posts