Tutorial Lengkap Cara Freeze Excel untuk Kolom maupun Baris

Bingung bagaimana cara Freeze Excel? Tenang saja, sebab pada dasarnya menggunakan salah satu fitur pada Microsoft Excel ini sangatlah mudah. Dijamin setelah Anda membaca tutorialnya di sini akan langsung bisa mempraktekkannya.

Freeze Excel atau yang juga sering disebut dengan Freeze Panel Excel merupakan semacam fitur yang berfungsi untuk membekukan barus maupun kolom dalam Worksheet. Dengan kata lain, jika menggunakan fitur ini, Anda bisa membuat sebagian barus maupun kolom menjadi tidak bergerak pada saat Anda scroll.

Informasi pentingnya adalah Excel dalam hal ini menyediakan fitur ini hampir untuk semua versinya. Baik itu pada Excel versi 2007, 2010, 2013, 2016, Office 365, hingga Microsoft Excel Online. Pertanyaan pentingnya adalah bagaimana cara Freeze Excel ini?

Mengenal Beberapa Aturan Tentang Fitur Freeze Excel

Sebelum mengulas lebih jauh tentang bagaimana cara mengoperasikan fitur ini, penting sekali untuk tahu beberapa aturan yang ada di dalamnya. Sementara itu, terkait dengan beberapa peraturan mendasar dari fitur Freeze Excel diantaranya seperti:

  1. Untuk Anda yang tidak suka dengan pengaturan dari fitur ini, disarankan untuk menggunakan perintah Unfreeze Panes.
  2. Fitur ini tidak bisa digunakan untuk membekukan atau mengunci baris maupun kolom yang ada di tengah lembar. Misalnya pada baris 20 sampai 25 maupun kolom 9 sampai 11.
  3. Freeze Excel ini tidak bisa digunakan pada lembar kerja yang sudah diproteksi.
  4. Pada saat Anda mengedit nilai yang ada di Formula Bar, maka menu View akan dinonaktifkan.

Nah, itulah beberapa peraturan mendasar yang harus benar-benar Anda pahami jika ingin menggunakan fitur Freeze Excel ini.

Cara Mengoperasikan Freeze Excel

Untuk tutorial yang pertama ini bisa dikatakan sebagai hal yang paling umum dilakukan dengan menggunakan Freeze Excel. Yakni membekukan atau mengunci baris atau yang berisi tajuk kolom. Nah, untuk langkah-langkahnya adalah seperti ini:

  1. Pertama-tama buka terlebih dahulu Spreadsheet Kemudian lanjutkan dengan mengklik tab View.
  2. Setelah itu, pada tombol Freeze Panes, klik segitiga kecil yang posisinya berada di pojok kanan bawah. Nantinya akan ada 3 opsi menu baru. Anda pilih saja opsi Bekukan Baris Atas.
  3. Selanjutnya lanjutkan dengan scroll ke bawah untuk memastikan barus pertama tetap terkunci di bagian atas. Jika sudah terkunci berarti Anda sudah berhasil.

Membekukan atau Mengunci Kolom Pertama

Anda juga bisa membekukan atau mengunci kolom pertama dengan menggunakan fitur ini. Untuk Anda yang ingin melakukannya, seperti ini tutorial lengkapnya:

  1. Mula-mula buka terlebih dahulu spreadsheet Excel pada perangkat Anda. Kemudian pilih tab View.
  2. Setelah itu, pada tombol Freeze Panes, klik segitiga kecil yang terletak di pojok kanan bawah. Kemudian pastikan mendapatkan menu baru dengan 3 opsi. Selanjutnya pilih opsi Bekukan Kolom Pertama. Akhiri dengan scroll ke seluruh lembar untuk memastikan kolom kiri tetap terpasang.

Membekukan atau Mengunci Baris Atas dan Kolom Pertama

Anda pun bisa menggunakan fitur Freeze Panes ini untuk membekukan atau mengunci baris atas dan kolom pertama. Untuk Anda yang ingin melakukan tindakan ini, seperti ini tutorial lengkapnya:

  1. Seperti biasa, buka spreadsheet Excel terlebih dahulu. Kemudian klik sel yang ingin Anda bekukan atau kunci. Setelah itu klik tampilan di pita.
  2. Selanjutnya, pada tombol Freeze Panes, klik saja segitiga kecil yang posisinya ada di pojok kanan bawah. Pastikan Anda mendapatkan menu baru dengan 3 opsi. Setelah itu klik saja opsi Freeze Panes.
  3. Kemudian lanjutkan dengan scroll ke bawah lembar kerja untuk memastikan baris pertama tetap di atas. Lalu scroll juga ke seluruh lembar untuk memastikan jika kolom pertama sudah terkunci di sebelah kiri.

Bagaimana, sudah sangat jelas bukan informasi yang diberikan? Pastinya sejelas berbagai informasi update teknologi terkini yang disajikan di neotekno.com. Semoga ulasan cara Freeze Excel ini bisa membantu Anda semua.

Related Posts