Hal yang Harus Dilakukan sebelum Acara Makrab Berlangsung

Acara makrab merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan hampir setiap tahun di semua jurusan. Makrab bertujuan agar mahasiswa baru saling mengenal satu sama lain, baik itu teman satu angkatan maupun dengan kakak tingkat. Terdapat banyak berita mengenai makrab dari segi baik dan buruknya.Oleh karena itu masih terdapat pihak yang pro dan kontra dalam menyikapi hal ini.

Pihak yang tidak setuju dengan adanya acara makrab ini menilai bahwa seringkali makrab disalahgunakan.Kegiatan ini bisa menjadi tempat bersenang-senang yang disisipi dengan tindak kekerasan.Baik itu fisik maupun verbal atau psikis.Penyebabnya karena adanya senioritas di antara aduj dan kakak tingkat.Sehingga membuat esensi malam keakraban itu sendiri menghilang.

Hal tersebut tentunya menyeleweng dari tujuan makrab yang sebenarnya.Karena sebenarnya kegiatan ini sebagai ajang mengakrabkan dan menjalin komunikasi yang baik pada sesama mahasiswa. Selain menciptakan keakraban, nilai lain yang bisa diambil di makrab yaitu kerja sama. Oleh sebab itu, banyak permainan dan ice breaking yang biasanya menjadi salah satu isi kegiatan dari makrab.

Sama halnya dengan kegiatan lainnya, terdapat berbagai hal yang harus disiapkan oleh para panitia sebelum makrab dilakukan.Salah satunya yaitu membuat proposal kegiatan. Proposal kegiatan ini merupakan salah satu hal yang sangat penting. Oleh karena itu, banyak contoh proposal kegiatan yang bertemakan makrab yang dapat Anda temukan di berbagai website yang disediakan.

Dengan adanya contoh proposal kegiatan tersebut tentunya semakin mempermudah sekretaris panitia dalam membuat proposal. Apakah hanya proposal kegiatan saja yang perlu disiapkan sebelum acara makrab dilakukan? Tentu saja tidak, terdapat berbagai hal yang harus disiapkan oleh panitia acara makrab. Berikut ini berbagai hal yang harus disipakan panitia kegiatan makrab:

  • Mencari dan memilih tempat yang cocok

Dalam acara makrab, tempat menjadi faktor utama penunjang acara.Anda dapat memilih tempat yang bersuasana asri dan nyaman.Misalnya memilih villa di daerah pegunungan.Anda juga bisa memilih membuat tenda di daerah pegunungan.

 

  • Membuat tema acara makrab

Selain itu, penting juga bagi para panitia untuk membuat sebuah tema dalam acara makrab.Dengan ditentukannya tema, acara malam keakraban dapat dikembangkan dengan ide dan hal-hal jreatif yang bisa Anda para panitia lakukan. Selain itu, tema juga bisa menjadi penentu dresscode dan permainan apa saja yang akan diadakan dalam kegiatan makrab.

  • Menentukan dresscode acara

Dresscode ini hanya menjadi pendukung dalam kegiatan makrab.Dresscode selalu memberikan kesan tersendiri bagi yang melihat begitu pun yang mengenakannya.

Sebagai bahan pelengkap agar acara kegiatan makrab menjadi semakin seru dan menarik, adakan acara-acara yang kiranya dapat mempererat pertemanan. Misalnya, adakan malam pesta api unggun. Api unggun selalu memberikan kesan cozy bagi orang-orang yang ada di sekitarnya, obrolan di sekitar api unggun ini bisa memperhangat suasanan di malam hari. Apalagi ditambah dengan pesta barbeque.

Terakhir, janga lupa untuk menyiapkan alat untuk dokumentasi.Jangan hanya mengandalkan hasil dokumentasi foto untuk membuat sebuah kenangan kegiatan makrab.Cobalah untuk membuat suatu hal yang berbeda.Misalnya, membuat dokumentasi video untuk merekam setiap momen kegiatan makrab.Anda juga bisa menyajikan kenangan tersebut dalam bentuk sinematik maupun dokumenter.

Anda dapat mengeluarkan kemampuan edit mengedit video agar nantinya video makrab tersebut memiliki hasil akhir yang menarik. Lengkapilah hal-hal tersebut segera agar Anda bisa memasukkan anggaran dana dan peralatan yang Anda butuhkan ke dalam proposal kegiatan. Sehingga bantuan dana yang masuk pun dapat dialokasikan ke dalam acara atau kegiatan makrab Anda.

Related Posts