Gunung Fuji

  • Post author:
  • Post category:Umum

Gunung Fuji merupakan gunung berapi terletak di Pulau Honshu dengan ketinggian 3.776,24 mdpl atau 12.389,2 kaki sekaligus menjadi Gunung Tertinggi di Jepang. Gunung ini juga merupakan gunung tertinggi kedua yang terletak di Asia setelah Gunung Kerinci di Sumatera, Indonesia, dan puncak tertinggi ketujuh dari sebuah pulau di dunia.

Dalam catatan sejarah, Gunung Fuji terakhir meletus pada tahun 1707 hingga tahun 1708. Gunung ini terletak sekitar 100 kilometer barat daya kota Tokyo dan dapat terlihat pada hari-hari cerah.

Bentuk kerucut Gunung Fuji sangat simetris. Gunung ini juga tertutup salju selama sekitar lima bulan dalam setahun. Gunung ini biasanya digunakan sebagai simbol budaya Jepang yang sering digambarkan dalam karya seni dan fotografi, banyak dikunjungi wisatawan untuk pendaki.

Gunung Fuji merupakan salah satu dari tiga gunung yang dianggap oleh masyarakat Jepang, bersama dengan Gunung Tate dan Gunung Haku. Gunung-gunung tersebut merupakan Situs Bersejarah Jepang. Bahkan gunung itu ditambahkan ke Daftar Warisan Dunia sebagai Situs Budaya pada 22 Juni 2013.

Menurut UNESCO sendiri Gunung Fuji telah banyak menginspirasi seniman dan menjadi objek ziarah selama berabad-abad. 25 situs budaya yang menarik di dalam wilayah Gunung Fuji telah diakui oleh UNESCO.

25 lokasi tersebut termasuk Gunung Fuji, gunung dan kuil Shinto, hingga Kuil Kepala Buddha Taisekiji yang didirikan pada 1290, yang kemudian digambarkan oleh seniman ukiyo-e Jepang bernama Katsushika Hokusai.