Dijamin Tidak Terpotong, Berikut Cara Print Excel yang Rapi

  • Post author:
  • Post category:Teknologi

Kendala yang paling sering terjadi ketika mencetak dokumen dalam format Excel adalah tampilan yang terpotong. Hal ini seringkali membuat orang kesulitan karena tidak tahu bagaimana cara print Excel agar rapi dan tidak terpotong. Oleh karena itu, kali ini akan dibahas cara untuk print dokumen Excel supaya tidak terpotong dan hasilnya sesuai dengan tampilan aslinya.

Tips Agar Print Excel Jadi Rapi

Mungkin masih banyak orang yang belum tahu perbedaan cara print Word dan Excel karena mereka keduanya sama. Di dalam Word anda bisa memilih ukuran kertas mana saja sesuai dengan kebutuhan karena program ini sebagian besar memang untuk di-print. Namun, anda akan jarang berpikir untuk menggunakan ukuran kertas saat mengetik di Excel.

Akhirnya, banyak orang yang tidak tahu juga bagaimana caranya untuk print Excel agar tidak terpotong. Anda bisa melakukan hal ini, namun memang ada syarat dan cara tersendiri. Untuk mengetahui apakah hasil print nantinya akan terpotong atau tidak, anda bisa mengeceknya dengan memberikan ukuran kertas terlebih dahulu.

Kemudian, anda juga harus pintar dalam menata data agar seluruh kolom maupun baris bisa masuk ke dalam ukuran kertas tersebut. Sebaiknya anda memisahkan data yang masuk ke dalam database dengan data yang akan dicetak. Dengan begitu, data yang akan dicetak tidak akan terlalu banyak yang pada akhirnya bisa membuat hasil print Excel tidak baik atau terpotong.

Langkah-Langkah Untuk Hasil Print Excel yang Tidak Terpotong

Langkah pertama yang perlu anda lakukan agar cara print Excel berhasil adalah dengan mengatur ukuran kertas terlebih dahulu. Akan lebih baik jika anda melakukan hal ini sebelum melakukan pekerjaan di Excel dengan cara klik Page Layout, lalu Size. Hal ini bertujuan supaya selama membuat data di Excel, anda sudah dibatasi oleh ukuran kertas tersebut.

Setelah mengatur ukuran kertas, langkah selanjutnya adalah mengatur ukuran margin atau batas tepi. Hal ini juga sangat penting agar hasil print nantinya tidak terpotong. Berikutnya, anda perlu melihat hasil preview cetakan dengan klik View, lalu Page Layout. Tampilan ini akan membantu anda untuk mengatur ulang data apabila masih ada yang terpotong.

Apabila tampilan Excel anda memiliki banyak baris maupun kolom, sebaiknya dicetak dengan cara page break atau membagi-bagi halaman. Untuk mempermudah proses ini, anda bisa klik View, pilih Menu Group Workbook Views, lalu pilih Page Break Preview. Setelah itu akan muncul garis biru putus-putus yang menjadi batas dari 1 halaman.

Menyesuaikan Print Scaling Agar Hasilnya Tidak Kecil

Hal ini akan berguna agar hasil cetak dari Excel tidak mengecil, yaitu dengan mengatur width dan height. Anda bisa melakukannya dengan klik Tab Layout, lalu pilih Group Scale to Fit pada menu Width dan Height-nya. Untuk width anda bisa pilih satu halaman dan untuk height anda bisa pilih automatic.

Nantinya Excel akan langsung otomatis menyesuaikan skala percetakan sesuai dengan pengaturan yang anda buat. Apabila seluruh langkah ini sudah anda lakukan, barulah anda bisa mencetak file Excel tersebut. Jika anda sudah baik dalam menatanya, maka hasil cetak pasti tidak akan terpotong dan terlihat sangat rapi.

Mengetahui cara print Excel yang benar tentu sangat banyak manfaat. Kunci utama terletak pada pengaturan data agar sesuai dengan ukuran kertas yang anda butuhkan. Selain itu, skala percetakannya juga perlu disesuaikan agar hasilnya tidak kecil. Untuk tutorial lainnya, anda bisa mengunjungi Design Studio.