Cara Membatalkan Proses Upload yang Sedang Berjalan di Google Drive

  • Post author:
  • Post category:Teknologi

Hampir semua pengguna Google Drive, menyimpan file di Google Drive dengan cara mengupload filenya. Baik itu melalui komputer atau laptop, maupun melalui HP Android maupun HP iPhone.

Proses upload di Google  Drive terbilang cukup cepat. Namun tergantung juga dari ukuran file beserta koneksi internet yang digunakan.

Sebagai gambaran, untuk file berukuran 100MB dengan koneksi internet cepat, umumnya hanya akan memakan waktu 1 menit atau kurang. Jika kurang dari 100MB bahkan bisa menjadi lebih cepat lagi.

Bukan tanpa alasan, hal ini dikarenakan Google Drive memiliki server yang sangat stabil dan cepat. Tidak ada limit kecepatan sama sekali di platform ini. Sehingga baik itu kecepatan download maupun upload bisa berjalan maksimal, sesuai dengan limit internet yang user punya.

Namun, terkadang ada juga seseorang yang sedang melakukan proses upload suatu file, tapi ingin dibatalkan karena alasan tertentu. Misalnya karena salah upload file maupun dikarenakan alasan-alasan lainnya yang masih terkait.

Jika diberikan pertanyaan apakah proses upload yang sedang berjalan dapat dihentikan atau dibatalkan, maka jawabannya tentunya bisa. Berikut ini saya akan menjelaskan kepada Anda cara untuk membatalkan proses upload yang sedang berjalan di Google Drive.

Cara Membatalkan Proses Upload yang Sedang Berjalan di Google Drive

Proses pembatalan Google Drive ini dibagi menjadi dua panduan. Yaitu untuk Anda yang menggunakan PC dan membuka Google Drive melalui browser, dan untuk Anda yang menggunakan Google Drive via HP dengan aplikasi.

Anda bisa menggunakan panduan manapun sesuai dengan keinginan dan kebiasaan penggunaan Google Drive sesuai kebutuhan. Berikut ini adalah panduannya.

1. Cara Membatalkan Proses Upload di Google Drive PC

Kebanyakan orang yang menggunakan Google Drive di PC, mengakses Google Drive melalui browser. Baik itu Chrome, Firefox, Edge dan lain-lain seperti Microsoft Edge atau Internet Explorer.

Google Drive sendiri memang dasarnya adalah sebuah platform web. Jadi bisa diakses melalui situs resminya.

Ketika Anda melakukan proses upload di Google Drive PC di browser, Anda bisa membatalkannya sesuai kebutuhan. Berikut ini adalah caranya:

  1.       Pertama buka terlebih dahulu browser yang biasa Anda gunakan, kemudian silahkan kunjungi situs Google Drive di drive.google.com
  2.       Setelah Google Drive terbuka, langkah selanjutnya adalah silahkan Anda upload suatu file yang diinginkan. Kalau bisa, carilah file yang ukurannya besar, misalnya di atas 100MB atau lebih.
  3.       Tekan tombol tambah file, kemudian akan muncul File Explorer. Silahkan pilih file yang diinginkan tersebut.
  4.       Saat proses upload mulai berjalan, tunggu terlebih dahulu beberapa saat. Kalau sudah, maka Google Drive akan menampilkan tanda silang.
  5.       Silahkan klik tanda silang tersebut. Tanda tersebut maksudnya adalah fungsi untuk membatalkan proses upload.
  6.       Selesai.

Dengan ini secara otomatis Google Drive akan membatalkan proses upload yang Anda lakukan. Kalau berhasil dibatalkan, maka Anda akan dialihkan kembali ke laman utama Google Drive.

2. Cara Membatalkan Proses Upload Google Drive Lewat HP

Berbeda dari PC, ketika seseorang membuka Google Drive di HP, kebanyakan dari mereka akan menggunakan aplikasi yang disediakan secara langsung.

Aplikasi ini dapat didownload secara langsung di Google Playstore. Kelebihannya tentu saja melalui aplikasi, Google Drive dapat dengan lebih mudah digunakan di HP.

Mengutip juga dari salah satu halaman pada situs Uplotify.id, fitur aplikasi Google Drive di HP sama saja dengan Google Drive yang ada di PC atau browser. Anda bisa membagi link, melakukan translate dan lain-lain sebagainya.

Nah, berikut ini adalah cara membatalkan proses upload Google Drive di HP:

  1.       Pertama buka terlebih dahulu aplikasi Google Drive di HP
  2.       Kemudian lakukan upload dengan ukuran file sesuai kebutuhan. Disarankan yang ukurannya agak besar saja.
  3.       Kalau sudah, lanjutkan dengan menekan tombol silang yang terdapat pada proses upload file tersebut.
  4.       Dengan demikian, secara otomatis proses upload di Google Drive HP akan batal.
  5.       Selesai

Perlu dicatat, bahwa Anda tidak bisa membatalkan proses upload Google Drive di HP hanya dengan cara menutup aplikasinya. Karena itu pastikan Anda mengikuti langkah-langkah di atas dengan benar.