Cara Convert Pulsa Ke Uang Tunai Berikut Langkah Langkahnya

  • Post author:
  • Post category:Teknologi

Pulsa adalah salah satu bentuk uang elektronik. Bila anda mempunyai jumlah pulsa yang banyak dan tidak terpakai, anda juga bisa lho menguangkannya dan menjadikannya dalam bentuk fisik tunai. Mungkin anda bertanya tentang apa itu convert pulsa. Berikut adalah cara convert pulsa ke uang tunai yang bisa anda ikuti dengan mudah dan tidak ribet.

Cara Praktis Mengubah Pulsa Jadi Uang

  1. Mengunduh Aplikasi

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan melakukan pengunduhan aplikasi yang akan membantu proses convert. Aplikasi yang bisa anda pilih contohnya adalah seperti ByPulsa. Aplikasi ini bisa anda unduh di Google Play Store di handphone. Tak hanya aplikasi anda juga bisa menggunakan situs yang sama lainnya.

Setelah aplikasi tersebut terdownload, maka anda bisa membukanya dan melakukan proses instal. Anda bisa melakukan registrasi terlebih dahulu. Registrasi ini akan membutuhkan beberapa data anda seperti nomor Hp yang aktif. Setelah memasukkan data yang dibutuhkan anda bisa memulai menggunakan aplikasi tersebut.

  1. Membaca dan Menyetujui Ketentuan Layanan

Setelah anda masuk ke aplikasi yang sudah terinstal tersebut, anda akan mendapatkan notifkasi terkait ketentuan layanan yang berlaku. Ketentuan layanan ini bisa anda baca dengan baik sebelum menyetujuinya. Bila anda setuju dan ingin melanjutkan layanan, maka anda bisa mengeklik kolom setuju yang berada di bagian paling bawah.

  1. Membuat Akun Baru

Setelah melakukan persetujuan atas layanan yang akan digunakan, maka proses selanjutnya adalah membuat akun. Akun ini akan digunakan selama anda melakukan transaksi. Proses membuat akun tersebut tentu akan membutuhkan data diri pribadi anda salah satunya adalah akun email dari Gmail.

  1. Memilih Jenis Operator

Anda bisa memulai menggunakan aplikasi dari layar Beranda. Di beranda ini akan terdapat banyak pilihan jenis operator yang akan anda gunakan. Bila anda menggunakan aplikasi ByPulsa maka operator yang mendukung terdapat empat macam. Antara lain adalah Telkomsel, Axis, XL, dan Tri. ย Namun bila ingin operator lainnya anda bisa menggunakan situs lain.

  1. Mengisi Nominal Pulsa

Langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah mengisi kolom nominal pulsa yang akan anda cairkan. Selain jumlah nominal pulsa anda juga wajib mengisi nomor handphone tempat pulsa tersebut disimpan. Teliti kembali sebelum memproses karena bila nomor yang dimasukkan salah akan menghambat proses transaksi.

  1. Mengisi Nomor Rekening Bank

Langkah selanjutnya adalah dengan mengisi nomer rekening Bank yang akan dituju untuk melakukan pencairan pulsa. Anda bisa memasukkan nomer rekening yang dituju berikut dengan data nama pemilik rekening dengan jelas. Selain rekening anda juga bisa mencairkan pulsa melalui dompet digital seperti GOPAY, Shoppepay, DANA, OVO, atau LinkAja.

  1. Menukar Pulsa Menjadi Uang

Setelah nomor rekening dan data lainnya sudah dimasukkan ke dalam aplikasi, langkah selanjutnya adalah dengan memilih tombol Tukar Pulsa. Setelah tombol tersebut di klik, kemudian anda akan diarahkan keย  WhatsApp oleh admin byPulsa. Setelah proses tersebut, anda bisa mengikuti alur aturannya higga sukses.

  1. Menunggu Pembayaran

Cara convert pulsa ke uang tunai yang terakhir adalah dengan mengkonfirmasi kembali ke admin byPulsa melalui WhatsApp. Setelah mendapatkan balasan terkait rate pulsa anda akan dikonfirmasi terkait pencairan pulsa tersebut. Setelah melewati proses ini, transaksi anda akan berjalan secara sukses.

Itulah langkah yang bisa anda lakukan untuk mengconvert pulsa ke uang tunai. Namun masih banyak juga yang menggunakan cara konvensional dalam menukar pulsa menjadi uang. Cara lama ini adalah dengan menjual pulsa ke teman dekat yang kemudian akan diganti langsung dengan tunai. Cara lama namun masih efektif di coba.