Jangan Sembarangan! Yuk Simak Tips Dan Trik Mengendarai Sepeda Listrik Berikut

  • Post author:
  • Post category:Umum

Keberadaan virus covid-19 menyadarkan pentingnya aktivitas olahraga. Tak ayal jika bersepeda menjadi salah satu olahraga favorit yang sangat diminati. Meski demikian, anda perlu mengenali cara aman mengendarai sepeda listrik agar tidak menimbulkan kecelakaan sebagaimana juri Americaโ€™s Got Talent, Simon Cowell. Berikut informasi lengkapnya.

Tips Mengendarai Sepeda Listrik Dengan Aman

  1. Pelajari Buku Manual Yang Disediakan

Layaknya alat elektronik lainnya, sepeda listrik memiliki buku manual yang bisa anda pelajari. Buku manual yang disertakan setiap pembelian jenis sepeda ini umumnya sudah disertai dengan informasi yang sangat lengkap. Mulai dari detail informasi sepeda, komponen-komponen tertentu hingga tata cara penggunaan.

Mengetahui kondisi tersebut, tak ayal jika membaca buku manual sebelum menggunakan menjadi hal penting yang wajib dilakukan. Apalagi jenis sepeda listrik memiliki perbedaan tenaga dan torsi tertentu. Dengan demikian, anda tidak bisa menyamakan penggunaan sepeda listrik dengan sepeda biasa.

  1. Mulai Dengan Kecepatan Lambat

Lazimnya, tidak semua orang bisa mengendalikan keteraturan waktu dan kecepatan yang bisa dicapai oleh sepeda listrik. Untuk itu, anda bisa mencoba mengendarai jenis sepeda ini mulai dari kecepatan lambat. Terlebih lagi jika anda masih baru dan coba-coba untuk mengendarai sepeda listrik.

  1. Kenali Posisi Rem

Salah satu ciri unik dari sepeda listrik adalah lebih berat. Dimana, cara aman mengendarai sepeda listrik ini dapat dilakukan dengan mengenali posisi rem dengan baik agar anda bisa berhenti kapan saja sesuai kebutuhan. Anda bahkan perlu memperhatikan keberadaan tuas rem dengan baik agar bisa fokus dalam membuat pengereman.

Tentu saja, anda perlu mengetahui jenis rem pada sepeda yang digunakan agar tidak salah ketika mempraktikkan. Keberadaan rem cakram mekanis umumnya memiliki hubungan fisik dengan tuas rem karena kabel yang ditarik tertutup oleh kapiler. Sebaliknya, penggunaan rem cakram hidrolik menghubungkan tuas dan kapiler menggunakan cairan.

  1. Hindari Jalan Menanjak Dan Hujan Lebat

Hal penting yang wajib diperhatikan ketika baru saja mengendarai sepeda listrik adalah kemampuan beradaptasi. Disini anda sangat disarankan untuk memilih tanah yang datar dengan tingkat batuan rendah. Apalagi kondisi tanah rendah tersebut sudah dapat mempengaruhi tingkat kecepatan sepeda mencapai 12 mph/20 kph.

Sebaliknya, jalanan menanjak dan kondisi hujan lebat dapat mempengaruhi kestabilan anda dalam berkendara sehingga bisa menyebabkan kecelakaan. Lebih dari itu, jalanan menanjak dan kondisi hujan lebat yang memang tidak disarankan untuk ditempuh dengan sepeda listrik ternyata juga bisa mempengaruhi tingkat keawetan sepeda.

  1. Seimbangkan Mode Sepeda

Kondisi sepeda listrik yang sangat berbeda dengan sepeda biasa membuat anda harus memperhatikan cara aman mengendarai sepeda listrik. Menyeimbangkan mode sepeda ini bahkan wajib dilakukan untuk mendapatkan manfaatnya secara optimal. Terlebih lagi sepeda listrik memiliki mode sport (konvensional), hybrid (mengayuh dengan sedikit energi) dan elektrik (energi penuh).

  1. Gunakan Helm Saat Berkendara

Tak hanya mengendarai motor, helm juga sangat dibutuhkan saat mengendarai sepeda listrik. Helm bahkan menjadi satu-satunya perlengkapan keselamatan yang bisa melindungi kepala ketika terjadi hal yang tidak diinginkan. Apalagi pengendara sepeda listrik umumnya menempuh kecepatan 32-40 km per jam di medan datar.

Berbeda dengan jenis sepeda biasa, sepeda listrik memiliki komponen yang cukup unik. Tak ayal jika anda perlu mengetahui cara tepat mengoperasikan dan mengendarai sepeda ini agar tidak terjadi risiko yang tidak diinginkan. Anda juga bisa memilih sepeda listrik murahย dari toko profesional untuk mendapatkan pengalaman paling menarik.