Apa itu Utul UGM?

  • Post author:
  • Post category:Pendidikan

Untuk bisa menjadi mahasiswa UGM, ada beberapa jalur yang bisa anda tempuh. Salah satunya m dengan mengikuti UTUL UGM. Apa itu UTUL UGM? bagaimana cara pendaftaran UTUL UGM? Mari kita simak ulasan Apa itu Utul  UGM? berikut ini.

Apa itu Utul  UGM?

Jika kamu bertanya Apa itu Utul  UGM? UTUL UGM adalah singkatan dari Ujian Tulis Universitas Gadjah Mada. Selain UI, UGM juga menjadi salah satu universitas favorit di Indonesia yang banyak dipilih oleh para siswa. Universitas ini juga masuk ke dalam jajaran universitas terbaik di duni lho, maka tak heran  jika UGM mampu mencetak para lulusan yang unggul dalam bidang yang digelutinya.

Untuk jenis jalur UTUL UGM sendiri merupakan sebuah seleksi dengan menggunakan kombinasi antara hasil Ujian Tulis menggunakan Komputer dengan nilai yang diselenggarakan oleh pihak UGM itu sendiri.

Hal tersebut menjadi peluang bagi para lulusan baru atau Paket C tahun 2019, 2018 dan 2017 untuk bisa mengikuti seleksi UTUL. Calon mahasiswa tersebut diwajibkan untuk memilih 3  program studi yang terdapat di Program Diploma atau Program Sarjana serta sesuai dengan kelompok UTBK yang diinginkan oleh peserta.

Syarat Utul UGM

Di dalam UTUL UGM terbagi menjadi 3 kelompok, yakni: Kelompok Ujian Saintek, Soshum dan Campuran antara keduanya.

Selain itu ada syarat tertentu untuk bisa mengikuti Ujian Tulis UGM ini yaitu antara lain :

Ketentuan Umum

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Peserta merupakan lulusan SMA atau sederajat, Paket C tahun 2017, 2018, dan 2019.
  3. Memiliki sertifikat hasil UTBK.
  4. Peserta memiliki kesehatan yang memadai.

Ketentuan Khusus

  1. Lulusan SMA atau sederajat atau Paket C tahun 2017 dan 2018 yang memiliki ijazah.
  2. Lulusan SMA atau sederajat atau Paket C tahun 2019 minimal harus mempunyai Surat Keterangan Lulus (SKL) dengan memuat informasi diri dan foto terbaru yang di stempel dari sekolah/lembaga penyelenggara paket C yang sah. SKL tersebut wajib diambil ketika mengikuti ujian tulis.

3.Pada saat mengikuti UTUL UGM  peserta wajib:

– Membawa fotokopi ijazah legalisir  atau SKL asli.

– Membawa kartu ujian .

– Membawa kartu identitas  seperti KTP/KK.

– Menunjukkan sertifikat vaksin, melalui aplikasi PeduliLindungi atau membawa kartu vaksin.

– Apabila peserta belum vaksin Covid-19, dan menunjukkan hasil negatif (rapid tes antigen 1×24 jam atau PCR 3×24 jam.

Dengan syarat yang sudah dipenuhi tersebut di atas, baik itu untuk ketentuan  secara umum, ataupun ketentuan yang ditujukan secara khusus. Maka berdasarkan pernyataan tersebut,  UTUL UGM ini boleh diikuti bagi para lulusan dari tahun 2017, 2018 dan 2019.

Tentu, ini menjadi sebuah kesempatan yang sangat baik untuk calon mahasiswa baru Universitas Gajah Mada, terutama bagi kamu yang lulusan tahun 2017 dan 2018 yang masih ingin untuk menjadi bagian dari UGM.

Biaya Pendaftaran Utul UGM

Biaya pendaftaran Ujian Tulis  Universitas Gajah Mada tahun 2022 tergantung pada jenis ujian yang dipilih, mulai seperti Soshum, Saintek maupun campuran.

  1. Saintek: Rp 325.000
  2. Soshum: Rp 325.000
  3. Campuran: Rp 350.000

Biaya pendaftaran tersebut  berlaku untuk dua pilihan program studi. Perlu diketahui bahwa setiap peserta, hanya dapat mengikuti salah satu dari tiga kelompok ujian tersebut.

Khusus peserta dengan lokasi ujian di Jakarta, dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 225.000 dan dibayarkan bersama ketika pembayaran biaya pendaftaran.

Demikian informasi seputar UTUL UGM, sebaiknya sebelum melakukan UTUL UGM, kamu harus ikut program BIMBEL UTUL UGM. Semoga informasi jawaban pertanyaan Apa itu Utul  UGM bermanfaat untuk kamu yang akan menjalani seleksi ujian tulis UGM.