Proses Yang Membuat Air Di Permukaan Selalu Tersedia

  • Post author:
  • Post category:Pendidikan

Salah satu kebutuhan pokok sehari-hari makhluk hidup di dunia ini yang tidak dapat terpisahkan adalah air. Maka dari itu, air merupakan zat yang paling penting dalam kehidupan setelah udara. Arti makhluk hidup disini tidak hanya manusia, namun juga penting bagi kehidupan hewan dan tumbuhan. Maka dari itu, Anda harus berusaha untuk menjaga kebersihan air.

Upaya yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kebersihan dan kelestarian air yaitu dengan melakukan pengelolaan air yang baik.Misalnya, melakukan penghematan. Selain itu juga tidak membuang sampah dan limbah sembarangan. Jika Anda membuang sampah dan limbah ke air bersih dapat membuat pencemaran air, sehingga dapat mengganggu ekosistem yang ada.

Tahukah Andaย  bahwa di planet bumi ini 72 persennya adalah air? Sayangnya, menurut National Geographic dari 72% jumlah air di bumi ini, hanya 2% air yang dapat dikonsumsi oleh manusia. Meskipun begitu, air bersih selalu tersedia di bumi meskipun dalam jumlah yang sedikit.Mengapa air selalu tersedia di bumi?

Proses yang membuat air di permukaan selalu tersedia adalah daur air atau siklus air. Daur atau siklus air merupakan sirkulasi atau putaran air secara terus menerus dari bumi ke atmosfer dan kembali lagi ke bumi. Daur air ini terjadi melalui proses evaporasi (penguapan), presipitasi (pengendapan), dan kondensasi (pengembunan). Berikut ini penjelasan dari proses daur air:

  • Tahap Evaporasi atau Penguapan

Air yang berada di lautan, danau, dan sungai akan mengalami evaporasi atau penguapan. Hal ini dikarenakan adanya pengaruh suhu panas yang berasal dari sinar matahari.

  • Tahan Prestipitasi atau Pengendapan

Setelah air mengalami proses penguapan, maka akan menghasilkan butir-butir uap air. Uap air inilah yang akan naik serta berkumpul di udara dan lama-kelamaan udara tersebut akan penuh hingga udara tidak mampu menampung uap air yang cukup banyak.

  • Tahap Kondensasi atau Pengembunan

Dengan adanya perubahan suhu yang cukup dingin, uap air akan berubah menjadi titik-titik air membentuk awan (awan mendung). Titik-titik air yang membentuk awan ini akan turun menjadi hujan dimana air hujan tersebut akan mengalir ke sungai sampai ke laut dan menguap kembali.

Selain daur atau siklus air, masih ada proses yang membuat air di permukaan selalu tersedia. Proses yang membuat air di permukaan selalu tersedia adalah dengan menggunakan alat penyaringan air. Saringan air atau yang dikenal dengan filter air merupakan suatu alat yang berfungsi untuk menyaring dan menghilanhkan kontaminan dalam airย  Filter air ini menggunakan penghalang atau media.

Penghalang atau media ini berfungsi sebagai tempat terjadinya proses melakukan penyaringan hingga tempat meletakkan air bersih setelah penyaringan tersebut selesai. Dengan menggunakan filter air air yang semula kotor, bau, kuning, maupun berminyak dapat teratasi. Sehingga air menjadi lebih sehat. Biasanya saringan air digunakan secara luas untuk irigasi, air minum, akuarium, hingga kolam renang.

Selain dapat membuat air lebih sehat, ternyata filter air juga dapat membuat alat dapur menjadi lebih bersih. Jika Anda memakai filter air, peralatan dapur yang Anda bersihkan dengan air keran akan menjadi lebih bersih, bebas karat, dan bebas endapan. Dengan demikian, peralatan dapur Anda dapat bertahan lama. Dengan menggunakan filter air Anda juga akan terhindar dari berbagai penyakit kulit.

Dengan menggunakan filter air, air yang Anda gunakan akan terjamin kebersihannya. Nah, mandi dengan menggunakan air bersih tentunya akan membuat kulit Anda lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit seperti alergi dan gatal.